Apa itu NLP?

Definisi NLP

Tidak ada definisi tunggal untuk NLP. Namun, kita dapat mendefinisikan NLP dengan mempelajari kata per kata penyusunnya.

  • Neuro (neurologi) berkaitan dengan sistem saraf manusia, termasuk otak dan panca indera.
  • Linguistic berkaitan dengan bahasa, verbal maupun non-verbal.
  • Programming berkaitan dengan cara menyusun sesuatu untuk mencapai hasil tertentu.

Maka, NLP adalah tentang bagaimana menyusun proses neurologi dan linguistik untuk mencapai satu hasil tertentu. Dengan istilah yang lebih sederhana, NLP adalah tentang kemampuan menyusun (baca: mengelola) kata-kata, pikiran, perasaan, dan fisiologi untuk mencapai hasil tertentu.

Sejarah NLP

NLP dikreasikan pada tahun 70-an oleh Richard Bandler (mahasiswa matematika) dan John Grinder (asisten profesor linguistik). Mereka terlibat dalam “pemodelan” terhadap para tokoh yang memiliki kemampuan komunikasi dan dan persuasi yang hebat dalam membantu perubahan pada diri orang lain. Tokoh yang dimodel antara lain: Fritz Perls (gestalt therapist), Virginia Satir (family therapist), Dr. Milton Erickson (hypnotherapist). Awalnya, NLP memang ditujukan untuk meningkatkan efektifitas dalam psikoterapi. Namun kemudian, aplikasi NLP menyebar ke segala bidang yang membutuhkan efektifitas dalam berpikir dan berkomunikasi.

Dalam proses pemodelan tersebut Bandler dan Grinder selalu bertanya: “Perbedaan apa yang membedakan antara seseorang yang sangat kompeten di satu bidang dengan orang yang biasa-biasa saja di bidang yang sama?” Jawaban dari pertanyaan ini menghasilkan sebuah model yang membantu kita untuk lebih memahami bagaimana kita mempersepsikan dunia dan bagaimana kita mengorganisasikan pikiran, perasaan, perilaku, dan keterampilan kita. Model itu lalu diberi nama NLP.

Manfaat belajar NLP

NLP adalah ilmu psikologi praktis yang mempelajari ekselensi manusia. NLP dapat digunakan untuk membantu diri kita mencapai apa yang kita inginkan, membuat perilaku kita lebih produktif, dan menciptakan perubahan positif yang kita impikan. NLP adalah tentang efektifitas. Maka mempelajari NLP membuat Anda:

  1. Lebih efektif dalam menerima informasi.
  2. Lebih efektif dalam berpikir dan memecahkan masalah.
  3. Lebih efektif dalam mengelola mood.
  4. Lebih efektif dalam mencapai tujuan.
  5. Lebih efektif dalam memahami orang lain.
  6. Lebih efektif dalam membangun hubungan dengan orang lain.
  7. Lebih efektif dalam mengkomunikasikan gagasan.